Senin, 13 Mei 2013

Pengertian Aktor/Aktris

ACTOR / AKTOR. Orang yang memerankan tokoh tertentu dalam suatu pertunjukan di panggung, acara televisi, atau film. Semula sebutan ‘aktor’ secara eksklusif diperuntukkan bagi pemeran laki-laki, tapi istilah itu sekarang dipakai untuk pemeran laki-laki maupun perempuan. Meskipun demikian, sebagian orang menyebut ‘aktris’ untuk pemeran perempuan. Aktor atau aktris biasanya adalah orang yang dididik atau dilatih secara khusus dalam suatu kursus atau sekolah akting. Istilah pemeran sering dirancukan dengan istilah artis (kata artis dalam bahasa Inggris mengacu kepada artist/seniman). Mungkin kemiripan bunyi dengan actress (pemeran perempuan) yang menjadi penyebabnya.
Seorang aktor adalah juga seorang intelektual, harus mempunyai minat besar untuk belajar, membaca, mendengar, dan bergaul. Intensitas dalam kegiatan menuju tataran sebagai intelektual itu menyebabkan seseorang mampu mencapai kepekaan dalam banyak hal. Kepekaan atau sensitivitas inilah yang nantinya menjadi bekal utama seorang aktor dalam menyikapi dan menafsirkan perannya, sehingga dia tidak hanya menjadi robot yang digerakkan sutradara. Aktor harus memberi bentuk lahir pada watak dan emosi pelaku. Watak yang harus diperankan itu mempunyai tiga bagian yang harus tampak, yaitu: watak tubuh, watak pikiran, dan watak emosi. Aktor dituntut untuk menciptakan keseluruhan hidup sukma manusia di atas panggung. Sukma manusia itu harus dapat dilihat dari segala segi, baik fisik, mental, maupun emosional.
Pemeranan yang baik ditentukan oleh:
- casting yang tepat,
- make-up yang tepat,
- pemahaman dan penghayatan yang cerdas terhadap tokoh yang diperankan,
- kecakapan pemeran menampilkan emosi-emosi tertentu,
- kewajaran dalam akting,
- kecakapan menggunakan dialog,
- timing yang tepat,
- adanya adegan dramatik untuk dibawakan oleh pemain.

ACTRESS / AKTRIS. Pemeran perempuan dalam sebuah film.


Pemeran (sering pula disebut sebagai aktor (pria) atau aktris (wanita)) adalah orang yang memainkan peran tertentu dalam suatu aksi panggung, acara televisi atau film. Ia biasanya adalah orang yang dididik atau dilatih secara khusus untuk bersandiwara melalui suatu kursus atau sekolah, atau berpura-pura memerankan suatu tokoh sehingga tampak seperti tokoh sungguhan.

Istilah pemeran sering dirancukan dengan artis. Kata artis sebenarnya di dalam bahasa Inggris mengacu kepada seniman. Hal ini disebabkan kemiripan bunyi dengan actress, pemeran perempuan.
Deskripsi pemeran :
pe.me.ran
[n] (1) orang yg memerankan sesuatu dl film, sandiwara; (2) orang yg menjalankan peranan tertentu dl suatu peristiwa
pemeran pembantu pe.me.ran pembantu
peranan (dl film dsb) yg mendampingi pemeran utama

aktor pembantu aktor yg tidak memegang peran utama; figuran
pemeran sulihan pe.me.ran sulihan
orang yg menggantikan pemeran utama dl melakukan adegan yg berbahaya

pemeran tambahan pe.me.ran tambahan
tokoh dl lakon yg tidak mengucapkan sepatah kata pun
pemeran utama pe.me.ran utama
pemeran (dl film dsb) yg menjadi tokoh utama dl cerita
Pemeran pengganti (Inggris: stuntman) adalah seseorang yang menggantikan aktor/aktris utama dalam suatu adegan berbahaya, seperti melompat dari satu gedung ke gedung yang lain, ditembakkan dari sebuah meriam dan hal-hal sejenisnya, dan saat ini sudah menjadi salah satu cabang bidang karier yang cukup diminati. Aksi-aksi ini terlihat berbahaya namun sebenarnya sudah diperhitungkan dengan baik sehingga kalaupun terjadi suatu kecelakaan maka yang terjadi adalah luka-luka minimal. Ada risiko yang bakal terjadi atas kegiatan ini dalam rangka pembuatan suatu film, program televisi maupun aksi-aksi panggung. Namun aksi ini berbeda dengan aksi yang sering dikenal dengan sebutan aksi berani mati, karena dalam adegan stunt ini selalu diperhitungkan segala aspek terkaitnya dengan sebaik-baiknya sehingga akan meminimalkan akibat kematian bagi para pelakunya.

3 komentar: